Mas Dandy: Perang Tabuk

Perang Tabuk


Assalamu'alaikum Wr Wb,Pada Postingan kali ini saya akan membagikan kisah Pertempuran Tabuk,simak dengan baik ya kisahnya :))

Perang Tabuk adalah perang yang sangat mahsyur. Inilah perang terakhir yang di ikuti Rasulullah Saw,.Suatu ketika, sampailah berita kepada Nabi Saw. bahwa raja Rum akan menyerang Madinah Munawwarah dengan bala tentaranya yang besar melalui Syam. Terhadap berita ini, maka pada tanggal 5 bulan Rajab tahun kesembilan Hijriyah. Rasulullah saw telah berangkat dari Madinah untuk melawan serangan ini.

Ketika itu,cuaca sangat panas dan musuh sangat besar.Nabi Saw. telah mengumumkan kepada pasukan Muslimin agar mempersiapkan diri sebaik mungkin. Beliau juga memberikan beberapa nasihat. Inilah pertempuran yang telah menyebabkan Abu Bakar ra.mengorbankan seluruh hartanya sehinggaketika beliau ditanya oleh Nabi Saw., " Apa yang engkau tinggalkan di rumahmu?" Ia Menjawab "Saya tinggalkan Allah dan Rasul-Nya bersama mereka." Sedangkan Umar ra. telah mengorbankan setengah hartanya.Kisah ini akan di jelaskan pada bab kedua nanti.Utsman Al-Ghani ra.juga mengorbankan perlengkapan perang untuk seluruh pasukan.Sedangkan yang lainnya telah menginfakkan menurut kemampuan mereka.Pada masa itu keadaan para sahabat ra. sedang susah sehingga seekor unta harus di kendarai oleh sepuluh orang secara bergiliran. Oleh Sebab itu, perang ini di sebut sbg Jaysul'Usrah (Pasukan Kesulitan)

No comments:

Post a Comment

Copyright © Mas Dandy Urang-kurai