Mas Dandy: Perang Uhud

Perang Uhud


Assalamu'alaikum wr wb,pada kali ini saya akan menceritakan tentang apa itu Perang Uhud.daripada bengong gk jelas mending simak dengan baik yaa

Bila diingatkan tentang Perang Uhud Abubakar Ra selalu teringat pada Thalhah. ia berkata, "Perang Uhud adalah harinya Thalhah. Pada waktu itu akulah orang pertama yang menjumpai Rasulullah Saw. Ketika melihat aku dan Abu Ubaidah , baginda berkata kepada kami: "Lihatlah saudaramu ini, "Pada waktu itu aku melihat tubuh Thalhah terkena lebih dari tujuh puluh tikaman atau panah dan jari tangannya putus.
Bagi bangsa Quraisy perang Uhud merupakan tindak balas atas kekalahannya sewaktu perang Badar. Pada awal pertempuran Uhud kaum muslimin telah memperoleh kemenangan. Pasukan kafir Quraisy kocar-kacir dan mundur dari medan perang. Tapi yang bertugas di bukit menutup jalur belakang segera berlari turun. Mereka kemudian mengumpulkan barang-barang peninggalan musuh . Mereka mengira pertempuran telah berakhir.
Ternyata pasukan musuh menerobos dari jalur belakang. Pasukan kaum muslimin benar-benar telah lengah sehingga mereka dapat di pukul dari dua arah, maka mendadak mereka menjadi panik dan tak tahu harus berbuat apa. Peristiwa ini akibat dari kesalahan pasukan pemanah yang di tugaskan oleh Rasulullah Saw untuk melindungi pasukan muslimin dari serangan musuh yang berasal  dari belakang.
Pertempuran sengitpun terjadilah. Kaum Musyrikin benar benar ingin membalas dendam. Mereka masing-masing mencari orang yang pernah membunuh keluarga mereka sewaktu perang Badar.Mereka berniat akan membunuh dan memotong-motongnya dengan sadis.
Semua musyrikin berusaha mencari Rasulullah Saw. Dengan pedang-pedangnya yang tajam dan mengkilat mereka terus mencari Rasulullah Saw. Mereka amat gemas,benci dan penasaran karena sewaktu hijrah ke Madinah mereka tidak berhasil menemukan Muhammad. Kini,pada saat perang Uhud mereka dengan dendam membara terus mencarinya.Tetapi kaum muslimin melindungi Rasulullah Saw. Mereka melindungi baginda Muhammad Saw dengan Tubuhnya dan dengan segala daya.Mereka rela terkena sabetan,tikaman pedang dan anak panah.
Tombak dan panah menghunjam mereka,tetapi mereka tetap bertahan melawan kaum musyrikin Quraisy. Hati Hati mereka berucap dengan teguh," Aku korbankan ayah ibuku untuk engkau,ya Rasulullah."
Salah satu di antara mujahid yang melindungi Nabi Saw dengan tulus ikhlas adalah Thalhah.Ia berperawakan tinggi kekar. Ia ayunkan pedangnya ke kanan dan ke kiri. Ia melompat ke arah Rasulullah yang tubuhnya telah berdarah. Di peluknya tubuh baginda dengan tangan kiri dan dadanya, Sementara pedang yang ada di tangan kanannya ia ayunkan ke arah lawan yang mengelilinginya seperti laron yang tidak memperdulikan maut.
Alhamdulilah, Rasulullah selamat.Peristiwa ini merupakan pelajaran dan pengalaman pahit yang tidak terlupakan

Itulah sekilas uraian tentang keteguhan dan pengorbanan Thalhah melindungi rasulNya.Thalhah memang merupakan salah satu seorang Pahlawan dalam barisan tentara Uhud. Ia siap berkorban membela Nabi Saw. Ia memang patut di tempatkan pada barisan depan karena Allah telah menganugerahkan kepada dirinya tubuh yang kuat dan kekar,keimanan yang teguh dan keikhlasan pada agama Allah
Akhirnya kaum musyrikin pergi meninggalkan medan perang.Mereka mengira Rasulullah Saw telah tewas.

Alhamdulillah, Rasulullah Saw selamat walaupun dalam keadaan menderita luka-luka. Baginda di papah oleh Thalhah menaiki bukit yang ada di ujung medan pertempuran.Tangan,Tubuh,dan Kakinya di ciumi oleh Thalhah,seraya berkata, " Aku tebus engkau Ya Rasulullah dengan Ayah Dan Ibuku."
Nabi Saw tersenyum dan berkata," Engkau adalah Thalhah kebajikan."
Di Hadapan para sahabat nabi saw bersabda, "Keharusan bagi Thalhah adalah memperoleh..." Yang di maksud nabi saw adalah memperoleh Syurga.

Sejak Peristiwa Uhud itulah Thalhah mendapat julukan " Burung elang dari Uhud "

Demikian tadi atas informasi tentang Perang Uhud.terima kasih atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih :)
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments:

Post a Comment

Copyright © Mas Dandy Urang-kurai