Mas Dandy: Wasiat Umar Menjelang Wafat

Wasiat Umar Menjelang Wafat

Assalamu'alaikum Wr Wb, pada kali ini saya akan Membagikan Wasiat Umar Menjelang Wafat.Berikut Wasiatnya :

Sebelum beliau wafat, Umar Ra berwasiat agar urusan khilafah dan pimpinan kepemerintahannya di musyawarakahkan oleh enam orang yang telah mendapat keridhoan Nabi Saw ketika Nabi Saw akan wafat. Mereka adalah Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib,Thalhah bin Ubaidillah, Azzubair Ibnul Awwam, Sa'ad bin Abi Waqqash, dan Abdurrahman bin Auf.

Umar menolak menetapkan salah seorang dari mereka, dengan berkata," Aku tidak mau bertanggung jawab selagi hidup dan sesudah mati. Kalau Allah menghendaki kebaikan bagi kalian,maka Allah akan melahirkannya atas kebaikan mereka (Yang keenam orang itu) sebagaimana telah di timbulkan kebaikan bagi kamu oleh Nabimu Saw."

Karena ketinggian wara'nya (sikap hati-hati) maka Umar Ra sengaja tidak menunjuk anak paman dan adik iparnya sendiri,yaitu Said bin Zain bin Amru bin Nufail. Ia khawatir orang lain menuduhnya "Karena dia masih keluarga Umar", mesikpun Said bin Zaid adalah seorang dari kesepuluh orang yang memperoleh kabar gembira masuk Syurga.

Umar juga berpesan kepada sahabatnya yang enam orang itu,agar putranya,Abdullah,menghadiri musyawarah tetapi ia tidak memiliki kuasa apapun.Kehadiran Abdullah hanya untuk mengutarakan pendapat saja.Ia tidak boleh di serahi kekuasaan apapun.

Kemudian ia juha berpsean agar selama sidang musyawarah yang menjadi imam shalat adalah Suhaib bin Sanan Arrumi sampai musyawarah itu selesai

Umar Ra hanya mengangkat keenam orang itu tidak menyertai Ubaidah ibnul jarrah (Orang kesepuluh yang di beritakan Masuk Syurga) karena ia telah wafat. Ia juga tidak mengangkat Said bin Zaid (orang kesembilan yang di kabarkan Masuk Syurga) karena ia adik iparnya sendiri. Selain itu Said tidak berminat memangku suatu jabatan apapun.Dia hanya ingin menjadi tentara yang terjun ke kancah perang perluasan dan dakwah. Ia bercita-cita gugur sebagai syahid di medan tempur dan Umar Ra mengetahui hal itu

Demikian Tadi beberapa Wasiat Umar menjelang wafat,Semoga bermanfaat untuk kita semua.Terima Kasih telah membaca Artikel ini :)
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments:

Post a Comment

Copyright © Mas Dandy Urang-kurai